Alumni & Tracer Study

Salam Olahraga.

Lulusan yang pernah mengenyam pendidikan tinggi pada Program Studi. Alumni diyakini telah berhasil menguasai standar kompetensi lulusan baik dalam tataran kompetensi inti, pendukung, dan lainnya. Dalam menggunakan kompetensi yang telah dikuasai tersebut alumni berhadapan dengan kenyataan dunia kerja yang berkemungkinan belum dikaji selama menempuh pendidikan ataupun memiliki harapan baru yang lebih bernafas. Sebagai alumni mereka juga diyakini terikat dalam wawasan almamater yang menghendaki Program Studi Penjaskes terus meningkatkan kualitas agar lulusan mampu bekerja dan bersaing dengan lulusan Program Studi yang sama. Alumni dengan demikian memiliki informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas melalui penyesuaian visi dan misi Program Studi.

Program studi S1 prodi penjaskes sudah berjalan selama empat belas angkatan. Penerimaan angkatan pertama pada tahun 1999/2000. Atas dasar itu prodi penjaskes meluluskan mahasiswa, sehingga sampai saat ini  telah meluluskan 467 orang.

Pada tanggal 06 Desember 2015 dibentuklah Ikatan Keluarga Besar Alumni  dan Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (IKBAMA PENJAS) sebagai wadah kerjasama, forum konsultasi, dan sarana komunikasi alumni Prodi Penjaskesrek FKIP Unila.

TRACER STUDY

Tracer Study atau yang sering disebut sebagai survey alumni atau survey “ follow up ” adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi yang bersangkutan. Tracer study juga bermanfaat dalam menyediakan informasi penting mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi. Saat ini hampir seluruh Universitas di Indonesia telah melaksanakan Tracer Study guna mendapatkan masukan dan evaluasi bagi perbaikan kurikulum dan kualitas alumninya.

Program Studi Penjaskesrek telah mulai mencoba melakukan pelacakan lulusan sejak bulan Juli 2015 dan terus dilakukan secara berkelanjutan. Meskipun belum terekam dengan komprehensif, namun program studi telah memperoleh data sementara mengenai gambaran lulusan Program Studi yang telah lulus sejak tahun akademik 2005/2006- sekarang.

Sebagaimana yang tertera pada halaman legalisir ijazah online, “data atau informasi bersifat rahasia, sehingga tidak akan dipindah tangankan tanpa seizin yang bersangkutan dan semata-mata hanya digunakan untuk pengembangan.” Mata keseluruhan dari tarcer sudy penjaskesrek tidak dapat kami sajikan tanpa ada konfirmasi persetujuan dari alumni terlebih dahulu, meskipun demikian, rekap data Tracer Study Alumni Penjaskesrek dapat dilihat pada link di bawah ini:

  1. Tabel Tracer Alumni Penjas sampai dengan tahun 2016 
  2. Grafik Alumni Penjaskes sampai dengan tahun 2016

Catatan : Data diatas disesuaikan dengan hasil Tracer Study Penjas tahun 2015/2016 dengan jumlah responden /alumni yang mengisi angket 107 orang

Rekap data jumlah mahasiswa aktif dan lulusan per tahun akademik dari angkatan 2000 s/d angkatan 2015 dapat dilihat pada link di bawah ini :

  1. Rekap Jumlah Wisudawan per Tahun Akademik
  2. Rekap Jumlah Mahasiswa Aktif Penjas per Tahun Akademik
  3. Rekap Data Seluruh Mahasiswa Penjaskesrek

Demikian informasi dari kami. kami mohon maaf bila terdapat kekurangan dalam penyajian informasi maupun redaksi terkait alumni dan tracer study Penjaskesrek.

Atas perhatian dan pengertiannya kami ucapkan terima kasih..

Salam Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *